Jumat, 14 November 2014

Mengenal konsep Mind Mapping

               Pada saat diterbitkannya buku “Mind Mapping” sang penulis Tony Buzan menjadi terkenal karena konsepnya membuat mind map. Mind mapping atau disebut juga peta dalam otak memiliki karakter kolaborasi antara otak kanan dan otak kiri, Atau gabungan antara gambar dan text dalam sebuah jaringan sehingga mudah dipahami, menarik dan mudah diingat.

        Dalam nyatanya peristiwa yang Tony buzan lakukan sebenarnya hampir setiap orang mengalaminya, pada contohnya ketika membuat catatan di sekolah untuk diingat pelajaran, hasilnya memang akan terlihat membosankan dengan tulisan-tulisan yang ada sehingga membuat catatan-catatan tersebut semakin kurang menarik.


Gambar diatas salah satu mind mapping berdasarkan konsep mind mapping ala Tony Buzan

Informasi seperti gambar diatas inilah yang disebut dengan Mind Mapping. Dalam bukuknya Tony Buzan mengungkapkan bahwa Mind Map membantu kita untuk belajar mengatur dan menyimpan sebanyak mungkin infromasi yang diinginkan,

Dan Mind Mapping juga merupakan cerminan dari kemampuan dan proses berfikir alami otak yang sarat dengan gambar. Dengan cara pengungkapan seperti ini, kita melatih otak untuk berfikir secara teratur dan seimbang dengan menggunakan fungsi otak kanan dan kiri.

Ketika anda tertarik untuk melakukan gabungan dengan konsep pemikiran Mind Map, maka anda termasuk dalam kelompok jenius yang terlebih dahulu mengenal konsep Mind Mapping seperti Leonardo Davinci, ahli biologi Charles Darwin, dan penemu hokum gravitasi Sir Isacc Newton

Membuat Mind Map

Dalam buku Tony Buzan ada tujuh tahap dalam pembuatan Mind Map.

Ambilah kertas kosong tidak bergaris bisa kerta HVS dan letakan memanjang (landscape), mulailah menggambar dari tengah kertas agar memperoleh ruang kerja yang luas.

Gunakanlah gambar sebagai ide utama sehingga akan membuat anda menarik membantu mempusatkan pikiran.

Usahakan mengunakan kombinasi warna-warna sehingga tampilan akan lebih menarik, dan tidak monoton.

Hubungkan cabang-cabang searah jarum jam, karena otak bekerja dengan cara asosiasi. Dengan cabang yang saling berhubung maka gagasan atau ide lebih mudah dipahami.

Usahakan garis cabang-cabang tidak lurus sehingga terlihat tidak membosankan.

Coba untuk menggunakan satu kata kunci perbaris, karena setiap kata akan mencetuskan ide dan gagasan baru, sedangkan kalimat atau ungkapan akan membatasi kebeasan untuk memunculkan ide baru.

Tambahkan gambar diseluruh Mind Map, karena dengan gambar lebih efektif dalam mewakili kata, kalimat atau ide yang ingin disampaikan

Dengan menggunakan tujuh langkah sederhana anda bisa mulai berlatih membuat mind map anda yang pertama.

Sumber : Mind Map Club Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar